Friday, October 16, 2015

Sistem Informasi Manajemen


Tugas I. Sistem Informasi Manajemen

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KOPERASI JAYA MAKMU (KUD)
DI KECAMATAN KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN



I.      Latar belakang.
Konsep dasar sistem ada dua pendekatan yaitu penekanan pada prosedurnya dan penekanan pada komponennya. Defisi sistem yang lebih menkan pada prosedur adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atu untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu. Sedangkan defisi sistem yang menekankan pada komponen adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. (http:www.ilkom,unsri.ac.id/dosen/hartini/materi/I_pengantarSI.pdf).
Karakteristir sistem yaitu mempunyai komponen-komponen, batasan sistem, lingkungan luaran sistem, penghubung, masukan, keluaran, pengolahan, dan sasaran atau tujuan. Komponen sistem mempunyai sifat-sifat dari sisitem untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan. Batasan sistem merupakan daerah yang membatasi suatu sistem dengan sistem lainnya. Lingkungan luar sistem adalah apapun diluar batas sistem yang mempengaruhi operasi sistem. Penghubung sistem merupakan media penghubung antara satu sisitem dengan sisitem yang lain. Masukan sistem adalah energi yang dimasukan kedalam sistem. Keluaran sistem merupakan hasil dari energi ysng diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna. (jogiyanto, 1999).
Informasi merupakan data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang berguna bagi penerima dan mempunyai nilai yang nyata atau dapat dirasakan pada keputusan sekarang dan yang akan datang. (Gaspersz.1988) sedangkan menurut Murdick et al (1986) informasi merupakan data yang telah di ambil kembali, diolah, atau sebaliknya digunakan untuk tujuan informatif atau kesimpulan, argumentasi, atau sebagai dasar untuk peramalan atu pengambilan keputusan. Informasi dapat membantu memberi penjelasan dari suatu ketidakpastian atau untuk mengurangi ketidakpastian tersebut, sehingga manusia dapat membuat suatu keputusan dengan kepastiam yang lebih baik dan menguntungkan. (Gasperz,1988).
Manajemen merupakan suatu proses tertentu yang terdiri dari perencanaan, peorganisasian, penyusunan, memimpin, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan dan menetapkan tujuan yang telah ditetapkan dengan menggunakan manusia dan sumber-sumber lainya. Gasperz (1988) menggambarkan suatu sistem informasi manjemen sebagai jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan dalam suatu organisasi dan ditentukan apabila dipandang perlu dengan maksud memberikan data kepada manajemen setiap waktu diperlukan, baik data yang bersifat intern maupun yang bersifat ekstern untuk dasar pengambilan keputusan dalam rangka mencapi tujuan organisasi.
Berdasarkan UUD 1945pasal 33, demokrasi ekonomi, produksi dikerjakan oleh semua, untuk semua dibawah pimpinan atau pemilikan anggota-anggota masyarakat. Menurut Sagimun (1984) untuk mencapai kemakmuran masyarakatlah yang diutamakan bukan prorangan. Oleh sebab itu perekonomian disusun sebagai usah bersama berdasarkan atas usaha kekeluargaan, unit usaha yang sesuai adalah koperasi. Koperasi Unit Desa (KUD) Jaya Makmue merupakan salah satu koperasi yang berada di wilayah kabupaten Aceh Selatan yang berlokasi di Kluet Utara, koperasi ini telah berjalan selama 5 tahun yang bergerak dibidang prikanan laut. 
II.    Identifikasi Kebutuhan
Komponen-komponen yang terlibat dalam sistem informasi manajemen KUD Jaya makmu adalah pengelolaan dan manajemen data secara terpadu, serta penerimaan laporan dari masing-masing subsistem tepat waktu dan akurat. Permasalahan yang terjadi sat ini adanya kesulitan dalam pengumpulan , pengolahan, penyimpanan, dan pencairan data karena data yang ada masih tersimpan dalam buku-buku dan lembaran-lembaran laporan yang tersimpan dalam gudang. Proses pelaporan data membutuhkan waktu yang lama dan ketelitian yang tinggi dalam pembuatannya karena masi dikerjakan secara manual oleh tenaga manusia.
III.   Identifikasi Sistem
Anggota KUD jaya makmu memiliki hubungan yang positif dengan unit TPI,SPDN,USP, dan BAP, peranan dari setiap anggota KUD memiliki inplikasi yang berbanding lurus terhadap akifias dari masing-masing unit tersebut. Informasi yang dihasilkan dari KUD jaya makmu akan membantu pihak dinas perikanan dan kelautan dalam menentukan arah kebijakan yang tepat dalam pengembangan perikanan di daerah Kluet Utara Khususnya dan Aceh Selatan umumnya.
Keuntungan dari sistem informasi yaitu mempermudah dalam mengorganisir, mengelola, dan membuat pelaporan dari data yang ada sehingga dapat menghasilkan informasi yang tepat dan berguna dalam menunjang pembuatan kebijakan pengembangan perikanan di Kluet utara umumnya dan pengembangan KUD jaya makmu khususnya.
IV.   Prosedur pengolahan data
Data yang telahdikumpulkan kemudian diolah pada masing-masing subsistem dengan merekapitulasi data harian menjadi data bulanan, hasil pengolahan data selama satu bulan kemudian dilaporkan kepada KUD sebagai pihak yang bertanggung jawab. Mekanisme pengolahan data berupa identifikasi, klasifikasi, dan ekstrasi data lembaran-lembaran atau buku pencatatan data harian. Kemudian data yang telah terkumpul selama satu bulan dikelompokan berdasarkan jenisnya atau disesuaikan dengan kebutuhan.
V.    Daftar Pustaka
Gaspersz, V. 1988. Sistem Informasi Manajemen (Suatu Pengantar). CV Arnico. Bandung.
Jogiyanto, H. M. 1989. Analisis dan Disain Sistem Informasi: Pendekatan Struktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. ANDI Yogyakarta. Yogyakarta.
Sagimun, MD. 1984. Koperasi Unit Desa : Bacaan Populer Untuk Perguran Tinggi. Proyek Penulisan Buku/Majalah Pengetahuan Umum dan Profesi. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.

No comments:

Post a Comment