Saturday, October 17, 2015

Inisiasi 4 Manajer dan Informasi



Inisiasi 4
Inisiasi  4 Manajer dan Informasi
Disusun oleh: FR Wulandari, SIP., M.Si

Informasi merupakan bahan untuk pengambilan keputusan manajemen. Manajemen merupakan pengerahan seluruh sumber daya manusia dan sumber daya lainnya dalam organisasi untuk mencapai tujuan melalui pelaksanaan fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan atau kepemimpinan dan pengendalian proses pelaksanaan pekerjaan dalam organisasi. Berjalannya fungsi-fungsi tersebut merupakan tugas dan kewenangan manajer. 
Sistem informasi manajemen merupakan lanjutan dari sistem akuntansi organisasi dan ilmu pengetahuan manajemen. Oleh sebab itu, ada 3 (tiga) pekerjaan sistem informasi manajemen, antara lain:
1.    Penyelidikan (intelligence) untuk menelusuri dan mengidentifikasi adanya masalah informasi
2.    Perancangan (design) untuk menganalisa persoalan dan membuat berbagai alternatif pemecahan masalah yang tepat
3.    Pemilihan (choice) untuk memilih alterntaif dan melaksanakan pilihan dari hasil sistem infromasi tersebut bagi pengambilan keputusan manajemen
Demikian, semoga menfaat.
Sumber: Modul 4 ADPU4442

Pengayaan Inisiasi 4
Teori Formal Informasi
Perhatikan hal. 4.37
Perhatikan contoh soal berikut: PT “Gula Indonesia” melakukan riset pasar, dari riset tersebut didapat  informasi tentang selera pasar sehingga meminimalisasi ketidakpastian permintaan pasar. Dengan penggunaan informasi tepat tersebut, hitunglah kemungkinan produk berhasil dari produksi berikut menurut teori Bayes. Hasil kemungkinan produk berhasil dari produksi adalah…

Hasil b
Produk sukses (70%)
Hasil B’
Produk gagal (30%)
A produk sukses
P (B/A) = 0,6
P (B’/A) = 0,4
A’ produk gagal
P (B/A’) = 0,8
P (B’/A’) = 0,2
Gunakan Rumus:
P(A/B) = P (AB)
               P (B )

a.       0,24
b.      0,42
c.       0,64
d.      0,66
Jawaban:  c,  sebab dengan penggunaan informasi tepat, hasil kemungkinan produk berhasil menurut teori Bayes, adalah:
(0,6 X 70%)                            0,42
_______________________________= _________________ = 0,64
(0,8 X 30%) + (0,6 X 70%)                            0,66
Bukan a sebab 0,24 adalah hasil dari kemungkinan tes produk yang gagal (0,8 X 30%)
Bukan b sebab 0,42 adalah hasil dari kemungkinan produk yang sukses sebelum dibandingkan dengan hasil tes(0,6 X 70%)           
Bukan d sebab 0,66 adalah hasil dari kemungkinan produk dan tes yang berhasil (0,8 X 30%) + (0,6 X 70%)

Diskusi 4
  1. Apa fungsi dari manajemen?
  2. Apa prasyarat untuk mengambil keputusan berdasar teknik ilmiah!
  3. Jelaskan langkah-langkah pengambilan keputusan!
  4. Jelaskan perbedaan data dengan informasi!
  5. coba sebutkan langkah-langkah apa saja yang perlu diambil dalam pengembangan sistem informasi?
JAWABAN
1.    Ada 4 fungsi utama dalam manajemen:

1.Perencanaan (Planning),
2. Pengorganisasian (Organizing),
3. Pengarahan (Actuating/Directing),
4. Pengawasan (Controlling)

2.    Suatu keputusan dapat dikatakan sebagai keputusan yang baik apabila memenuhi persyaratan minimal, yaitu:
1.    rasional
2.    logis
3.    realistis
4.    pragmatis.

3.    Langkah-langkah Dalam Pembuatan Keputusan Dengan Pendekatan Ilmiah
a.    cari fakta atau persoalan.
Persoalan (problem) adalah sesuatu yang terjadi tidak sesuai dengan yang diinginkan/ diharapkan. Kita harus berusaha mencari pemecahan yang baik bagi suatu persoalan yang tepat (benar) sebab pemecahan yang terbaik bagi persoalan yang salah tak ada gunanya. Maka dari itu, dalam membuat keputusan untuk memecahkan persoalan harus bisa menemukan persoalan apa yang perlu dipecahkan/ diselesaikan.
b.    analisis fakta yang diperoleh
analisis fakata berarti suatu keputusan atau tindakan untuk menghilangkan faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya persoalan tersebut. Perlu dikumpulkan data atau informasi yang relevan artinya faktor-faktor yang mungkin terjadi penyebab timbulnya persoalan tersebut.
c.    tentukan tujuan berdasarkan fakta yang tersedia
Artinya menentukan berati memilih salah satu dari beberapa alternatif tindakan yang tersedia berdasarkan kriteria tertentu. Singkatnya, buatlah alternatif tindakan yang fisibel sebanyak mungkin.
d.   buat keputusan
Pengambilan keputusan berarti mengambil tindakan tertentu (taking certain action). Pelaksanaan suatu rencana tindakan, merupakan tahap akhir dari proses pengambilan keputusan. Perlu dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan keputusan yang telah diambil. Evaluasi sangat berguna untuk memperbaiki suatu keputusan untuk mengubah tujuan semula karena terjadi perubahan.
Jadi, pembuatan keputusan secara ilmiah harus menetapkan langkah-langkah, sebelum membuat keputusan, yaitu mengumpulkan data, menganalisis data, mempertimbangkan tujuan dengan hubungan dari data yang sudah terkumpul, kemudian menetapkan apa yang menjadi putusan.
4.    Data adalah fakta-fakta mentah yang harus dikelola untuk menghasilkan suatu informasi yang memiliki arti bagi suatu organisasi atau perusahaan.
Informasi adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha memastikan bahwa bisnis yang dijalankan tetap mampu untuk terus bertahan dalam jangka panjang.
5.     langkah-langkah yang perlu diambil dalam pengembangan sistem informasi
a.    Perencanaa
b.    Analisis
c.    Perancangan/ desain
d.   Pembangunan fisik/Konstrusi
e.    Implementasi
f.     Pasca implementasi

No comments:

Post a Comment