Saturday, October 24, 2015

Peran Swasta dalam Sistem Ekonomi Indonesia



Inisiasi 6
Peran Swasta dalam Sistem Ekonomi Indonesia

Peran swasta dalam sistem ekonomi Indonesia dituntut semakin besar seiring dengan merosotnya harga minyak dipasar internasional pada tahun 1980-an yang mengakibatkan menurunnya pendapatan pemerintah, sehingga dituntut untuk mengimbangi kebutuhan laju pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi pada tahapan pembangunan. Sejumlah kemudahan dan fasilitas diberikan oleh pemerintah kepada swasta melalaui paket deregulasi ekspor, impor, dan bea masuk dengan harapan terjadi peningkatan investasi di sektor swasta. Tetapi, pemberian berbagai fasilitas tersebut tidak didasarkan pada mekanisme hukum yang jelas sehingga pengembangan usaha tersebut tidak dilakuakan secara transparan dan tanpa fungsi kontrol.
Perkembangan sektor swasta ternyata menampakkan wujud sebagai diversifikasi konglomerasi yang memiliki kelemahan potensial dalam persaingan global, sehingga dominasi konglomerasi mengakibatkan kesenjangna ekonomi semakin lebar. Selain itu, konglomerasi cenderung melakukan intervensi terhadap birokrasi yang mengakibatkan meluasnya praktik kolusi dan korupsi.
Kondisi yang menunjukkan optimisme yang berlebihan dalam mencapai pertumbuhan ekonomi tinggi (PET) tanpa memperhatikan kondisi keseimbangan ekonomi eksternal dan internal menyebabkan ekonomi Indonesia terjebak dalam krisis. Upaya mengatasi krisis dilakukan melalui reformasi di segala bidang. Salah satu diantaranya dengan dibangunnya etika bisnis yang dilandasi moral keagamaan yang akan mencegah tingginya social cost dalam masyarakat.

No comments:

Post a Comment