Saturday, October 17, 2015

Inisiasi 2 Manajemen dan Hubungannnya dengan Sistem Komputer


Penyusun: FR Wulandari, SIP., M.Si
Manajemen merupakan suatu pendekatan ilmu sekaligus seni mengelola suatu usaha kerjasama sekelompok orang yang digerakkan untuk mencapai tujuan secara bersama dalam wadaha organisasi. Untuk pengambilan keputusan dalam suatu organisasi  diperlukan informasi. Informasi begitu banyak sehingga perlu dikelola dalam suatu sistem.
Sistem diartikan sebagai kesatuan bagian-bagian kecil yang saling terhubung, saling bergantung sama lain dan membentuk pola kerja tertentu. Informasi dikelola sistematis atau sebagai sistem informasi artinya ada masukan, ada proses dan ada produk luaran (output) dari proses informasi tersebut.
Penataan sistem informasi membutuhkan alat.  Alat tersebut adalah komputer. Data base merupakan suatu sistem yang berhubungan dengan  penyimpanan data. Penggunaannya ada 2 cara yakni traditional file management dan databese file management. Traditional file management adalah susunan file data, distribusi pada storage device dan organisasi file diplih sedemikian rupa sehingga program aplikasinya dapat digunakan secara optimal (program oriented) . Database file management adalah sistem bersifat data oriented yang dapat diubah tanpa perlu mengubah program aplikasinya atau lebih.  Dalam pemrosesan data (prosesor) memiliki 4 tugas utama, yakni pekerjaan:
1.    Penggolongan
2.    Pengaturan
3.    Peringkasan
4.    Menghitung
Untuk lebih jelasnya silakan Saudara/i  mengakses sumber belajar terbuka (open eduction resources) tentang sistem  informasi manajemen dalam pendekatan komputer pada
http://blog.binadarma.ac.id/  Andrian_Noviardy/ wp-content/ uploads/2012/11/sim-bab-11.pdf Sumber: disarikan dari Modul 2 dan sumber-sumber lainnya 

No comments:

Post a Comment