Sunday, October 25, 2015

Krisis Ekonomi dan Peran Swasta dalam Perekonomian Indonesia



inisiasi 7

Krisis Ekonomi dan Peran Swasta dalam Perekonomian Indonesia
Optimisme yang berlebihan dalam mencapai pertumbuhan ekonomi tinggi tanpa memperhatikan kondisi keseimbangan ekonomi eksternal dan internal, menyebabkan ekonomi Indonesia terjebak dalam krisis.
Krisis ekonomi ini diawali dari krisis moneter yaitu berupa merosotnya nilai tukar rupiah terhadap dolar dalam angka relatif yang sangat besar. Krisis yang menimpa perekonomian Indonesia diawali dari krisis moneter yang menimpa beberapa negara di kawasan Asia.
Uoaya mengatasi krisis ekonimi di Indonesia tidak hanya memerlukan reformasi ekonomi tetapi harus diikuti reformasi politik dan hukum. Melalui saluran sektor moneter, peranan sektor swasta sebagai penyebab krisis di Indonesia sangatlah besar.
Kebijakan pemerintah baik moneter maupun fiskal untuk mengatasi krisis berdampak pada meluasnya kemiskinan dan pengangguran. Kebijakan pemerintah untuk meningkatkan peran swasta dalam perekonomian Indonesia harus dimulai dengan penerapan dan operasionalisasi etika bisnis dalam bentuk menghindari PHK, penjaminan tingkat upah pekerja, dan menekan kerusakan lingkungan akibat pengurasan sumber daya alam. Etika bisnis ini hanya dapat dipaksakan jika kondisi pemerintah bersih dan berwibawa.

No comments:

Post a Comment