Saturday, October 17, 2015

Kerangka Dasar SIM


Inisiasi 7
Kerangka Dasar SIM
Kerangka dasar SIM mencakup pusat-pusat pengambilan keputusan di dalam organisasi yang merupakan orientasi penyusunan sistem informasi dan perannya dalam sistem manajemen organisasi masing-masing. Proses penyususnan sistem informasi menyangkut pengambilan keputusan dalam menyelesaikan tahap-tahap penyusunanya berkaitan dengan kinerja maanjemeen organsiasi yang bersangkutan. Informasi yang dihasilkan oleh SIM ada 2 kategori yakni informasi perencanaand an infromasi pengawasan.
Informasi perencanaan bersifat tidak dibatasi oleh departemen/ divisi tertentu. Informasi pengawasan terbatas pada departemen/divisi  tertentu. Informasi untuk SIM diperoleh dari laporan. Laporan yang baik bagi SIM harus memilki desain yang memperhatikan faktor:
1.    Destination
2.    Uses of report
3.    Urgency
4.    Detail required
5.    Frequency
Karaktersitik hirarki dari desain SIM yang tradisional dapat diperbaiki dengan pendekatan sistem  yakni pendekatan sistem terintegrasi. Tetapi pendekatan terintegrasi ini kurang disukai perusahaan. Oleh sebba itu digunakan sistem terdistribusi (distributed system) sehingga hubungan antarkomputer dapat dilakukan berbagai cara, yakni point to point network, tree network dan ring network) SIM adalah suatu integrated database yang berinteraksi dengan model-model kuantitaif dan program-program untuk penyajian infromasi pada kegiatan-kegaiatan transaksi tingkat bawah sampai tingkat manajerial tinggi.
Untuk lebih jelasnya silakan buka Modul 7 ADPU4442.

No comments:

Post a Comment