Wednesday, October 21, 2015

Masalah yang Timbul dalam suatu Sistem Ekonomi Menurut Paul A Samuelson



Beberapa Masalah yang Timbul dalam suatu Sistem Ekonomi Berkaitan dengan sasaran yang ingin dicapai oleh sistem ekonomi yaitu memecahkan problem-problem produksi, distribusi, dan konsumsi, maka secara umum dapat dikatakan bahwa setiap sistem ekonomi akan menghadapi persoalan-persoalan sebagai berikut :
1.    Apa yang akan diproduksi (What)?
2.    Bagaimana memproduksinya (How)?
3.    Siapa yang akan menikmati (Whom)?
4.    Kapan akan dikonsumsi (When)?
Menurut Paul A Samuelson, masalah-masalah diatas merupakan masalah yang dihadapioleh setiap system ekonomi (central problems of every economic society).

1.    Apa yang akan diproduksi (What)?
Hal ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan mengenai barang dan jasa apa yang akan dihasilkan. Seperti yang kita ketahui bahwa kebutuhan manusia tak terbatas jumlahnya sementara alat pemuas kebutuhan jumlahnya terbatas. Keadaan ini menghadapkan kita kepada pilihan antar berbagai macam alternative output yang harus dihasilkan untuk memenuhi berbegai kebutuhan manusia. Secara singkat, hal ini dapat dinyatakan sebagai masalah ‘pengalokasian sumber daya ekonomi atau allocation of economic resources’. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ekonomi merupakan ‘the science of the allocatiaon of scarce resources among competing uses’.

2.    Bagaimana memproduksinya (How)?
Didalam memproduksi barang dan jasa, diperlukan berbagai macam jenis sumber daya yang akan digunakan, misalnya pemilihan teknologi. Pilihan berbagai macam teknologi ini harus dipertimbangkan segala aspek yang terkait didalamnya yang biasa disebut ‘choise between different kinds of technology’. Selain itu, system ekonomi juga menghadapi masalah keterbatasan sumber daya didalam memproduksi output yang diinginkan, misalnya penggunaan sumber daya manusia. Sumberdaya manusia merupakan sumberdaya yang terbatas, karena penggunaan satu sumber daya dalam satu wilayah produksi, akan menghalangi penggunaannya di wilayah produksi lainnya.

3.    Siapa yang akan menikmati (Whom)?
Setelah barang dan jasa yang telah dihasilkan dengan menggunakan teknologi tertentu telah dipilih, maka pertanyaan selanjutnya adalah siapa yang akan menikmati barang dan jasa tersebut? Apakah barang dan jasa tersebut hanya dinikmati oleh sebagian kecil masyaraakaat atau sebaliknya?. Pada dasarnya system ekonomi menghadapi masalah pembagian/distribusi pendapatan yaitu apakah pendapaatan tersebut akan terbagi sama rata, tidak merata (ketimpangan), atau proporsional? Masalah yang ketiga ini biasa disebut ‘the problem of distribution of income’

4.    Kapan akan dikonsumsi (When)?
Masalah system ekonomi yang terakhir berkaitan dengan seberapa banyak sumberdaya ekonomi yang tersedia akan disalurkan untuk dikonsumsi saat ini? Apakah seluruhnya atau sebagian saja yang disalurkan untuk konsumsi saat ini dan sebagian lagi untuk konsumsi dimasa yang akan datang? Dalam hal ini, system ekonomi dihadapkan pada pilihan masa kini atau masa yang akan datang (the choise between the present and the future)

DISKUSI II
Secara umum, sistem ekonomi dapat dimaknai sebagai suatu keseluruhan sistem yang tersusun dari sub-sub sistem yang lebih kecil seperti pranata-pranata ekonomi, sosial politik dan ide-ide yang diantara mereka saling berinteraksi untuk memecahkan masalah-masalah ekonomi.
Masalah atau problem utama ekonomi adalah;
1.      produksi, berhubungan dengan pertanyaan jenis barang apa yang akan diproduksi dan bagaimana memproduksinya
2.      distribusi, berkaitan dengan bagaimana menyalurkan barang atau jasa yang telah dibuat itu
3.      konsumsi, berhubungan dengan kapan dan siapa yang akan mengkonsumsinya
Nah teman-teman, saya mohon tanggapannya atas permasalahan sistem ekonomi tersebut.
JAWABAN
Sistem ekonomi adalah suatu aturan dan tata cara untuk mengatur perilaku masyarakat dalam melakukan kegiatan ekonomi untuk meraih suatu tujuan. Sistem perekonomian di setiap negara dipengaruhi oleh faktor  ideologi  bangsa, sifat dan jati diri bangsa, dan struktur ekonomi. Menurut saya tentang SEI, kita sudah memiliki sistem ekonomi yang dibangun atas  dasar nilai-nilai, tradisi dan filosofi yang barakar dari masyarakat kita.Karena  warga negara memiliki kebebasan dalam memilih pekerjaan yang dikehendaki serta mempunyai hak akan pekerjaan dan penghidupan yang layak. Potensi, inisiatif, dan daya kreasi setiap warga dikembangkan sepenuhnya dalam batas-batas yang tidak merugikan kepentingan umum.Dalam hal ini masyarakatlah yang memegang aktif kegiatan ekonomi, sedangkan pemerintah yang menciptakan iklim yang bagus bagi pertumbuhan dan perkembangan dunia usaha.

Diskusi 2

Menurut anda, masalah apa yang sering timbul di negara yang sedang berkembang dalam pelaksaanaan sistem ekonominya? Berikaan penjelasan anda disertai alasannya!
JAWABAN
Krisis finansial global yang terjadi sejak akhir tahun 2007 telah menyebabkan perlambatan ekonomi global secara bertahap. Diperkirakan daya beli masyarakat menurun. Banyak pihak mengatakan bahwa krisis hanya terjadi pada negara maju seperti Amerika Serikat dan Uni Eropa. Namun perlu diingat bahwa sebagian besar negara yang kekuatan pasarnya sedang tumbuh dan menguasai 60% pangsa pasar ekspor ke Amerika Serikat dan negara-negara maju. Karena itu, jika terjadi penurunan permintaan, pasti akan berdampak terhadap permintaam barang-barang dari negara-negara yang sedang tumbuh. Tentu hal ini akan berakibat pada menurunnya kinerja berbagai sektor usaha, khususnya industri.

Masalah jangka pendek atau masalah stabilisasi Masalah ini berhubungan dengan bagaimana mengatur perekonomian dari waktu ke waktu (bulan, triwulan, semester, dan tahun). Ada tiga permasalahan yang sering muncul, yaitu:
a.       Inflasi berhubungan dengan masalah kestabilan harga- harga barang dan jasa.
b.      Pengangguran atau kesempatan kerja.
c.       Ketidakstabilan neraca pembayaran suatu Negara. 2)

Masalah jangka panjang atau masalah pertumbuhan ekonomi Masalah jangka panjang atau masalah pertumbuhan ekonomi yaitu bagaimana mengendalikan perekonomian supaya terjadi keseimbangan antara pertumbuhan penduduk,  pertambahan kapasitas produksi, dan tersedianya dana untuk investasi. Masalah jangka  panjang juga mengatur untuk dapat menghindari masaJah ekonomi tersebut dalam waktu yang lebih panjang (lima tahun, sepuluh tahun, dua puluh tahun, dan seterusnya)

masalah yang sering timbul di negara berkembang dalam pelaksanaan sistem ekonominya faktor utama yaitu :

1.      Penduduk

Permasalahan utama di negara berkembang adalah pertumbuhan penduduk yang tidak dapat dikendalikan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman tentang pentingnya membatasi jumlah anak dalam keluarga. Jika pertumbuhan penduduk tidak diimbangi dengan peingkatan kualitas penduduknya, maka hal ini dapat membuat rendahnya tingkat Indeks Pembangunan Manusia atau Human Development Index (HDI). Oleh karena itu maka diperlukan pengembangan sistem pendidikan yang lebih intens untuk memperkecil resiko ledakan penduduk ini
2.      Pendidikan
Di negara berkembang karena jumlah penduduk yang terlalu banyak, maka pendidikan masih kurang merata. Banyak penduduk yang belum mendapatkan pendidikan yang layak. Hal ini menyebabkan banyaknya pengangguran dan rendahnya kualitas sumber daya manusia tersebut

3.      Kesehatan

Kesehatan juga merupakan salah satu permasalahan di negara berkembang yang harus ditangani. Karena di negara berkembang pastilah fasilitas kesehatannya masih kurang merata dan kualitasnya masih rendah. Selain itu, kesadaran masyarakat di negara berkembang akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan masih kurang

 

4.      Ketergantungan Pada Luar Negeri

Negara berkembang umumnya masih belum mampu memenuhi kebutuhannya sendiri dan masih mengimpor barang-barang dari luar negeri. Selain itu, kecintaan terhadap produk dalam negeri masih kurang sehingga masyarakat hanya ingin menggunakan barang impor

No comments:

Post a Comment